Letkol Adi Ilham Zamani SE : LVRI dan Pemuda Panca Marga Tetap Kompak Demi NKRI

TH.Indonesia. Pati - Banyak yang belum mengetahui apa itu LVRI dan PPM, sejenak kita refleksi sejarah singkat berdirinya LVRI sesuai dengan Undang-undang no. 7 tahun 1967.


Untuk memberikan penghargaan kepada para pejuang yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan bersenjata baik resmi maupuin kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahanakan kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Pemerintah membentuk satu lembaga/organisasi yang bernama LVRI.

LVRI merupakan organisasi yang menghimpun para Veteran Republik Indonesia yang dibentuk pada tanggal 1 januari 1957, namun karena beberapa pertimbangan kemudian mengalihkannya menjadi tanggal 2 januari 1957 yang dikukuhkan dalam keputusan Presiden RI Nomor 103 tahun 1957.

Sedangkan PPM (Pemuda Panca Marga) adalah organisasi yang dibentuk untuk menghimpun para anak - anak dari anggota LVRI.

Di Kabupaten Pati tercatat ada 89 anggota LVRI dan sebanyak tidak kurang dari 150 orang yang masuk dalam organisasi PPM.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) ke-63 tanggal 2 Januari dan Hari Ulang Tahun PPM (Pemuda Panca Marga) ke-39 tanggal 27 Januari, hari ini dilaksanakan secara bersamaan dalam sebuah acara yang dipusatkan di pendopo kabupaten Pati, Selasa tgl (21/01/20).

Sebelum melaksanakan acara yang dipusatkan di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa pagi mulai pukul 07.00 WIB anggota LVRI bersama anggota PPM terlebih dahulu melaksanakan Ziarah dan tabur bunga di TMP Giri Dharma kabupetan Pati untuk menghormati serta mendoakan para pahlawan yang dipimpin oleh wakil ketua LVRI Kabupaten Pati Kapten Purnawirawan Untung Joko Suratno.

Ditemui saat acara tabur bunga, Untung Joko Suratno menyampaikan bahwa anggota LVRI di Kabupaten Pati ada 89 orang yang terdiri dari pensiunan TNI, Polri, Pegawai Negeri dan masyarakat.

Sedangkan dalam keanggotaan LVRI terdiri dari Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, LVRI pembela NKRI yang berjuang dalam operasi dalam negeri seperti Ops Trikora, Seroja dan LVRI dari pasukan perdamaian yang pernah bertugas di Luar Negeri tergabung dalam pasukan perdamaian PBB.

LVRI kabupaten Pati yang dikomandani Letkol Purn Ruskandar dan PPM cabang Pati yang dipimpin oleh Sunarto, SH sengaja menggabungkan acara menjadi satu.

Menurut  Untung Joko Suratno wakil ketua LVRI kabupaten Pati, ini karena LVRI dan PPM memiliki hubungan sangat erat yakni hubungan antara anak dan orang tua.

“LVRI merupakan organisasi yang mewadahi para legiun Veteran, sedangkan PPM adalah organisasi yang mewadahi anak-anak dari para veteran,” terangnya.

“Saya sebagai wakil ketua mohon maaf dalam acara ini bapak ketua LVRI kabupaten Pati Letkol Purnawirawan Ruskandar tidak dapat hadir karena beliau sedang sakit,” imbuhnya.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Bupati Pati, Pak Dandim Pati sebagai pembina dan seluruh pihak yang masih memberi perhatian kepada kami, semoga di usia ke 63 dan usia ke 39 PPM bersama pemerintah serta masyarakat semakin kompak untuk menjaga keutuhan NKRI,” tutur Untung.

Puncak rangkaian acara memperingati ulang tahun bersama yang dihadiri oleh Bupati Pati H. Haryanto, SH, M.M, M.Si, Dandim 0718 Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE,  Kapolres Pati diwakili kabag Ops Kompol Sukadi, SH. MH, ketua Mada PPM Prov. Jateng, wakil ketua LVRI kab. Pati Kapten Purnawirawan TNI AD Untung Joko, ketua PPM Cabang kab. Pati Sunarto, SH, Pasi Pers Kodim 0718 Pati Kapten Arh Dian Dwi Putra, Ketua Pemuda Pancasila kab. Pati Ahmadi, Kaminvet Cab IV 24 Pati Mayor Inf Sri Harjanto, ketua PPM kab. Puwodadi / Grobogan, ketua PPM kab. Demak, anggota LVRI, PPM, PIVERI, HIPAKAT, DHC 45, FKPPI dan PEPABRI berlangsung secara sederhana namun penuh dengan makna, karena dengan terselenggaranya acara tersebut menunjukkan bahwa pemerintah khususnya generasi muda selalu mengingat serta menghormati jasa - jasa para pejuang.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Komandan Kodim 0718 Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE, sebagai pembina Pembina menyampaikan bahwa kemerdekaan Indonesia terwujud atas perjuangan dari para pahlawan dan juga para veteran.

“Giliran kita sekarang sebagai generasi penerus harus selalu mengenang jasa serta pengorbanan para pahlawan, dengan melanjutkan perjuangan yakni memajukan negara Indonesia agar rakyat bisa sejahtera dengan jalan menghapus kemiskinan di Indonesia,” ucap Adi.

Dandim Pati juga mengatakan bahwa harus selalu bersinergi dan kerjasama demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Pati.

“Sebagai penerus perjuangan orang tua, Pemuda Panca Marga harus bisa memberi kontribusi kepada masyarakat dan membantu memberantas ancaman narkoba, selamat ulang tahun kepada LVRI dan Pemuda Panca Marga tetap kompak demi NKRI,” tutur Adi. (Amin)