Bertemu API dan APSyFI, Presiden Joko Widodo Bahas Peluang Tekstil Indonesia di Pasar Global

TH.Indonesia. Jakarta - Presiden Joko Widodo bertemu dengan jajaran Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) dan Asosiasi Produsen Serat Sintesis dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI), di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 16 September 2019.

Presiden bertemu dengan para pelaku usaha tekstil Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara membahas peluang industri tekstil Indonesia di tengah situasi ekonomi dunia yang tidak menentu.

"Kita tahu gejolak ekonomi dunia seperti perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat bisa menjadi tantangan tapi sekaligus bisa menjadi peluang kita untuk meningkatkan ekspor, termasuk produk tekstil, serat sintesis, dan benang filamen," kata Presiden dalam pengantarnya.

Industri tekstil dan pakaian jadi sendiri menurut Presiden Jokowi merupakan industri dengan pertumbuhan tertinggi di triwulan kedua tahun 2019, yaitu sebesar 20,71 persen.

"Ini adalah pertumbuhan yang sangat tinggi dan masuk 5 besar sebagai industri dengan kontribusi tertinggi terhadap PDB (produk domestik bruto) di triwulan kedua 2019 yaitu 1,30 persen," lanjutnya.

Sayangnya, pertumbuhan pangsa pasar tekstil dan produk tekstil Indonesia di pasar global cenderung jalan di tempat, yaitu sekitar 1,56 persen.

Angka tersebut menurut Kepala Negara tertinggal jauh jika dibandingkan dengan China yang menguasai 31,8 persen pangsa pasar tekstil dunia.

"Dua pesaing utama kita, Vietnam 4,59 persen, dan Bangladesh 4,72 persen di tahun 2018," imbuhnya.

Dari sisi ekspor, komoditas tekstil dan produk tekstil Indonesia di triwulan kedua 2019 juga turun 0,60 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hal ini, kata Presiden, disebabkan oleh tingginya biaya produksi lokal, fasilitas dan kebijakan dagang yang berpihak pada impor, serta kurangnya perencanaan jangka panjang yang berdampak pada minimnya investasi.

Oleh karena itu, pada pertemuan tersebut Presiden Jokowi meminta saran dan masukan dari kedua asosiasi mengenai solusi atas permasalahan tersebut.

Presiden Jokowi ingin mengetahui dan mendengar langsung apa yang diinginkan dan diperlukan oleh para pelaku usaha tekstil.

"Saya ingin tahu betul apa yang diinginkan oleh pelaku usaha agar jangan banyak-banyak, tiga pokok saja, tapi kita rumuskan, kita putuskan, kemudian pemerintah akan lakukan kebijakannya sehingga betul-betul bermanfaat bagi bapak ibu semuanya," jelasnya.

Kepala Negara kemudian menyinggung kabar yang disampaikan Bank Dunia mengenai potensi adanya resesi ekonomi dunia pada satu atau satu setengah tahun ke depan.

Presiden berharap, hal tersebut justru bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk membenahi hal-hal yang masih perlu diperbaiki.

"Kita juga tahu beberapa negara sekarang ini betul-betul sudah pada kondisi resesi karena pertumbuhannya minus.

Sehingga kesempatan inilah yang kita harus gunakan agar terjadi sebuah titik balik bagi industrialisasi yang ada di negara kita," tandasnya. ($.amin)