Bupati Haryanto : Tak Banyak Yang Tahu Pati Miliki Dalang Terkenal

TH.Indonesia. Pati - Bupati Pati Haryanto kemarin menghadiri pelantikan Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Pati periode 2019 - 2024 di halaman Setda Kabupaten Pati.

Farid Suhanto terpilih sebagai ketua Pepadi Pati 2024.

Pelantikan Ketua dan seluruh pengurus dipimpin oleh Ketua Pepadi Jawa Tengah yang diwakili oleh Sucipto Purnomo.
Hadir pula pada pelantikan tersebut Sekda, para Kepala OPD, dan para Camat.

Pada pelantikan kali ini terpilih Farid Suhanto sebagai Ketua Pepadi Kabupaten Pati hingga lima tahun mendatang, Senin tgl (05/08/19).

Bupati dalam sambutanya menyampaikan bahwa seni budaya adalah salah satu faktor pemersatu bangsa. 

"Banyaknya ragam budaya yang dimiliki harus benar-benar kita jaga dan pertahankan, jangan sampai budaya kita diakui oleh  negara lain", tutur Bupati.

Hal itu, lanjut Haryanto, perlu diakomodir dengan dibentuknya organisasi-organisasi tertentu agar tidak sampai menjadi persoalan.

"Hal ini sudah menjadi pemikiran tingkat nasional. Berbagai upaya dilakukan termasuk menyusun rancangan undang-undang seni budaya.

Seluruh daerah diminta membuat pokok-pokok pikiran tentang budaya yang tidak lain bertujuan agar aspirasi-aspirasi yang ada selama ini bisa terpecahkan", jelas Bupati panjang lebar.

Haryanto juga mengungkapkan bahwa animo masyarakat Kabupaten Pati untuk mengenal seni pedalangan cukup banyak.

Hal ini terbukti dengan banyaknya anak-anak yang mempelajari dan memperdalam seni pedalangan, baik yang sudah terkenal ataupun yang belum.

"Hanya saja masyarakat belum banyak tahu kalau kita punya cukup banyak dalang, bahkan dalang Soponyono yang terkenal, banyak yang tidak tahu kalau dalang tersebut berasal dari Pati", imbuhnya.

Padahal menurut Haryanto, banyak dalang luar daerah yang datang ziarah. 

"Oleh karena itu sudah tujuh tahun ini kita jalankan program yang kita punya, dimana kita memberi kesempatan seni budaya wayang ini untuk tampil dengan harapan bisa mengangkat seni pedalangan yang ada di Kabupaten Pati", imbuhnya.

Haryanto menegaskan pula bahwa  tugas dan kewajiban seluruh pengurus Pepadi yang dilantik untuk bisa mengangkat seni pedalangan yang ada di Kabupaten Pati agar bisa lebih terkenal.

"Jangan patah semangat, teruskan program-program dari pengurus sebelumnya.

Yang sudah baik dipertahankan dan yang belum baik jadikan lebih baik. 

Jangan pernah membanding-bandingkan, yang terpenting adalah upaya kita untuk bisa menjadi lebih baik", pungkasnya. ($.ucipto)