Bupati Canangkan Desa Gadingrejo Jadi Kampung KB

TH.Indonesia. Pati - Adanya Kampung KB, membawa harapan penggarapan Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga yang semakin intensif. Sebab langsung menyentuh lapisan masyarakat yang paling bawah.

Kampung KB dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pati Haryanto yang hadir serta meresmikan Pencanangan Kampung KB di Desa Gadingrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Selasa (27/08/19).

Kedatangan Bupati Pati tersebut, disambut begitu meriah oleh warga serta barisan pagar betis oleh anak - anak SD.

Haryanto juga mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Provinsi Jateng, Perwakilan BKKBN Provinsi Jateng, Kades Gadingrejo serta semua masyarakat yang sudah menyiapkan terbentuknya Kampung KB ini.

"Kami berharap nantinya agar masing - masing desa juga dapat mencanangkan Kampung KB. Selain itu, dengan adanya program Kampung KB ini, dapat menyatukan satu program dengan yang lain", ujarnya.

Haryanto menjelaskan bahwa Kampung KB tidak semata - mata hanya pencegahan pertumbuhan penduduk saja, namun semua aspek dapat menyatu. 

Seperti Posyandu, program untuk lanjut usia (lansia), ekonomi produktif, pertanian dan seterusnya.

"Semua ini agar semua sektor tersebut bisa bergerak bersama - sama yang akhirnya masyarakat sejahtera", tegasnya.

Bupati juga menyebut bahwa, apabila tidak ada pengendalian yang sistematis dan terukur dengan baik, maka peledakan penduduk akan terpusat di Jawa. 

Padahal masyarakat luar Jawa pun ingin ke Jawa. Hal ini lantaran Jawa lebih mudah dijangkau, dan lebih murah, apa - apa mudah.

"Oleh karena itu, Desa ini dicanangkan agar dapat menggerakkan desa yang lain. Saya minta tolong, kepada Kades, PKK dan seluruh elemen atas upaya - upaya yang telah dilaksanakan demi terlaksananya Kampung KB ini"

Di akhir sambutan, Bupati Pati mengingatkan agar pencanangan Kampung KB ini tidak berakhir di hari ini saja, namun dapat terus berkelanjutan.

"Pencanangan yang dimulai hari ini merupakan simbol dimulainya Kampung KB di seluruh desa di Kecamatan Juwana", tutupnya. ($.ucipto)