Bupati Haryanto Serahkan Bantuan Sosial dan Bencana Alam Dengan Total 49 Juta

TH.Indonesia. Pati - Bupati Pati Haryanto, menyerahkan bantuan bencana sosial dan bencana alam tahun 2019 untuk beberapa penerima bantuan di Balai Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Selasa tgl (23/04/19).

Bantuan sosial ini semoga membantu warga yang terdampak.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pati Subawi menjelaskan tentang rincian alokasi dana Bansos tahap pertama tahun 2019.

"Pertama, rumah rusak atau roboh akibat bencana alam sebanyak 7 rumah semipermanen, dengan rincian satu rumah rusak dan enam lainnya roboh. Total nilai bantuannya sejumlah Rp 49 juta," ungkap Subawi.

Kedua, lanjutnya, ialah rumah rusak atau hangus akibat kebakaran, pada kategori ini terdapat lima rumah semipermanen yang mendapat bantuan dengan total nilai sebesar Rp 37,5 juta.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menjelaskan, penyerahan bantuan tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah ikut prihatin. 

Namun, ia mengatakan, bantuan tersebut hanya sebatas partisipasi pemerintah. 

Nominalnya mungkin belum cukup untuk mengembalikan keadaan rumah sebagaimana sebelum terkena bencana.

"Ada yang dapat Rp 7,5 juta dan
ada yang dapat Rp 4 juta. Disesuaikan dengan rumah yang dimiliki masing-masing penerima bantuan," ucapnya.

Haryanto berharap, bantuan tersebut dapat diterima dengan keikhlasan. Sekalipun nilainya relatif sedikit, bantuan tersebut menunjukkan bahwa korban bencana diperhatikan oleh Pemerintah.

Lagipula, lanjut Haryanto, korban bencana juga sudah mendapat bantuan dari masyarakat yang peduli untuk memperbaiki rumahnya yang rusak.

"Sudah jadi bagus lagi, kan? Karena dibantu secara gotong-royong oleh masyarakat yang peduli", ujar Haryanto.

Bupati menjelaskan, pemerintah sebelumnya juga sudah membantu melalui PMI, BPBD, dan Dinsos, tapi bukan berupa uang.

"Memang untuk bantuan uang dari pemerintah daerah prosesnya lebih panjang, tidak seperti dari Baznas yang prosesnya lebih singkat," jelasnya.

Terakhir, Haryanto berharap semoga bantuan yang diserahkan dalam bentuk saldo buku tabungan tersebut dapat membantu meringankan beban korban bencana.

"Berapa pun nilainya, kalau disyukuri akan berkah," tandasnya.

Pada acara penyerahan bantuan tersebut, hadir pula Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Staf Dinas Sosial Kabupaten Pati, Danramil Margoyoso, Kapolsek Margoyoso, Camat Margoyoso, dan beberapa kepala desa yang warganya menerima bantuan. 

Para Kades tersebut antara lain Kades Tunjungrejo, Kades Banyutowo, Kades Dukuhseti, dan Kades Pagerharjo. ($.odiqin)