Bela Muslim Uighur Aliansi Muslim Kudus Nyatakan Sikap

TH.Indonesia. Pati - Aksi solidaritas bela Muslim Uighur di Xinjiang China yang tergabung dalam Aliansi Muslim Kudus (AMK). Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), KAMMI Komisariat Kudus, FKAM, MRI ACT, IMM, Syam Organizer, PII, ODOI Kudus, BMH, Formi UMK, Salimah Kudus.

Aliansi muslim Kudus mengutuk keras aksi kekerasan muslim Uighur.

Aksi solidaritas untuk bela Muslim Uighur di Xinjiang China, digelar Aliansi Muslim Kudus yang dipusatkan di Alun-Alun simpang tujuh Kabupaten Kudus. 

Aksi damai Peduli Muslim Uighur ini yang diikuti sekitar 300 pemuda dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Muslim Kudus (AMK), Jum’at (28/12/18).

Kegiatan aksi ini sebagai reaksi atas kekejaman yang dilakukan Pemerintah Cina terhadap warga muslim Uighur di Xinjiang Cina. 

Peserta aksi ini mengutuk kekejaman terhadap warga muslim Uighur dan menolak pelarangan kebebasan beragama bagi warga  muslim Uighur di Cina.

Dalam orasinya seperti yang digelar pada Spanduk bertuliskan "Hentikan Penindasan & Berikan Kebebasan Beragama untuk Muslim Uyghur di Xinjiang China" nampak dibentangkan oleh mereka.

Melalui pengeras suara, beberapa orator menyampaikan orasinya salah satu diantaranya yang disampaikan oleh Kader Aliansi Isalm Kudus," kami mengutuk keras dan mengecam Pemerintah China atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap muslim Uighur," ucapnya dengan lantang.

Di lansir dari media yang banyak melaporkan dan organisasi dunia bahwa pemerintah Cina mengintimidasi warga muslim Uighur, melarang sholat, puasa, dan membaca Al-qur’an.

Bahkan warga muslim Uighur dilarang untuk menunjukan tanda-tanda keislamanya seperti memelihara jenggot untuk pria dan mengenakan hijab bagi wanita.

Tindakan pemerintah Cina ini mendapat reaksi keras dari muslim di seluruh dunia termasuk di Kudus dan sekitarnya.

Berbagai kalangan masyarakat bergabung dalam aliansi yang di beri nama “Muslim Kudus yang beranggotakan berbagai organisasi antara lain ; Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), KAMMI Komisariat Kudus, FKAM, MRI ACT, IMM, Syam Organizer, PII, ODOI Kudus, BMH, Formi UMK, Salimah Kudus.

Dalam aksi diakhiri dengan doa dan pernyataan sikap yang  mana melihat kepedihan dan penderitaan saudara muslim Uighur di Xinjiang Cina yang mengalami persekusi, penindasan sistematis bahkan menjurus kepada praktek genosida, sebagaimana banyak diberitakan media Nasional maupun internasional. 

Maka berpijak pada firman Allah SWT,” sesungguhnya orang beriman dimanapun berada itu adalah saudara (QS Al-Hujurat (49):10.

Maka Aliansi Muslim Kudus menyampaikan sikap sebagai berikut ;

Mengecam keras penindasan sistematis terhadap Muslim Uighur di Xinjiang Cina karena bertentangan dengan,” Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB).

Mendesak Pemerintah Cina untuk menghentikan perbuatan keji yang tidak berperikemanusiaan ini, agar tidak menyulut kemarahan umat dan dunia islam secara lebih besar dan luas.

Menuntut Pemerintan Cina untuk menjamin dan melindungi Hak Muslim Uighur untuk bebas dalam beribadah dan menjalankan ajaran agamanya serta membuka akses kepada dunia luar untuk dapat memantau dan membantu secara langsung penderitaan mereka.

Mendesak Pemerintah RI yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar didunia agar mengambil sikap tegas dan langkah konkrit untuk menghentikan tragedi kemanusiaan melalui ASEAN, PBB, dan lembaga-lembaga Internasional lainya.apalagi pemertinyah Cina memounyai kepentingan besar secara ekonomi di negeri ini.

Meminta negara-negara islam anggota Organisasi kerjasama islam (OKI) untuk berperan aktif menyelesaikan penderitaan Muslim Uighur.

Mendukung semua usulan yang mendesak PBBmengirim tim monitor untuk menginvestigasi dan menindaklanjuti laporan Lembaga Advokasi HAM Human Rights Watch tentang tindakan diskriminatif dan pelanggaran HAM terhadap Muslim Uighur.

Aksi solidaritas untuk Muslim Uighur tersebut dilaksanakan sekitar dua jam, berjalan aman, tertib dan lancar.  Berharap kepada seluruh umat islam untuk memanjatkan do’a dan melaksanakan Qunut Nazilah, semoga Allah SWT menolong Muslim Uighur dan mengangkat kesulitan mereka. ($.diman)