Dandim 0718 Pati Cek Lokasi Pembuatan Jamban di Rumah Warga

TH.Indonesia. PATI - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 Kodim 0718 Pati di Desa Godo, Kecamatan Winong, Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos melakukan pengecekan berbagai sasaran fisik yang dikerjakan. Salah satunya meninjau pengerjaan jamban kemarin, Selasa tgl (10/04/18).

DanDan 0718 Pati meninjau pengerjaan jamban disalah satu rumah warga. 

Dari 20 jamban yang dibuat selama TMMD, meski belum 100 persen selesai, saya tetap mengawasi hasilnya. Maka saya melakukan pengecekan di salah satu penerima Jamban Pak Parno Desa Godo,” jelas Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos.

Dia melihat kondisi rumah warga yang mendapatkan bantuan jamban tersebut, Dandim juga berupaya maksimal membantu. Bukan hanya jamban yang dibuat, namun membuat bilik dinding penutup jamban, Dia jugamemplester lantai rumah dan kamar mandi.

Kamar mandi mereka juga sudah tidak laik, kurang sehat, maka sekalian dipindah dan digabung dengan jamban ini,” ungkapnya.
Warga yang mendapat bantuan jamban, Parno mengaku, puluhan tahun Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di sungai kecil, bahkan berjarak sungai kurang lebih dari 500 meter dari kediamannya.

Setiap hari kami melakukan BABS di sungai dengan jarak lumayan jauh dari rumah, apabila darurat pada malam hari, kami melakukannya di kakus yang dibuat di samping rumah, jadi setiap selesai BAB langsung di buang,” keluhnya.

Hal itu dilakukan karena ketidakmampuannya membuat jamban sehat di rumah, sebab, dia bergelut dengan penyakit, dia tak sanggup bekerja mencukupi kebutuhan rumah tangganya.

Hal inilah yang mendasari dari perhatian Kodim Pati untuk lebih meningkatkan sanitasi yang ada, sehingga masyarakat dan warga yang masih belum punya sanitasi yang memadai terutama jamban dan keperluan kamar mandi dan sebagainya bisa tercukupi secara layak," terang Dandim 0718 PATI. ($.wawan)