Prajurit TNI AD Kodim 0718 Pati Harus Ahli Menembak Pistol Dan Senapan Serbu

TH.Indonesia. Pati - Sebagai kegiatan latihan agenda rutin triwulan ke IV 2018, bagi seluruh personel dari Kodim 0718 Pati mulai dari Dandim, Kasdim dan Danramil juga Perwira Staf termasuk personelnya wajib melaksanakan menembak.

Kemampuan setiap personel anggota Kodim 0718 Pati harus terus diasah lewal ketrampilan menembak perorangan. 

Baik itu menembak Pistol jenis FN 45 jarak 25 m dan senapan serbu Jenis M.16 / SS.1 F.1 jarak 100 m di daerah lapangan tembak Polres Pati desa Banyu urip kecamatan Margorejo yang di ikuti kurang lebih 230 personel termasuk pucuk pimpinan satuan langsung yang dikomando oleh Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos.

Penyampaian tersebut disampaikan oleh Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos disela-sela para anggota yang akan melaksanakan menembak, sebelum diambil apel pengecekan personel dan penyampaian materi latihan oleh kordinator materi," Pasiops Kodim 0718 Pati Kapten Inf Suyani.

Di daerah persiapan  koordinator menerima pelaku dari Danlat dilanjutkan tindakan keamanan, pemeriksaan personil dan materi selanjutnya diserahkan ke Bintara pelatih untuk menyampaikan teori praktis tentang aturan cara  menggunakan jenis senjata SS 1 dan kepada pelaku menembak.

Dan sebagai Komandan sandaran satuan sekedar himbauan maupun arahan saat pelaksanaan faktor keamanan inti utama dan keselamatan baik itu personel dan materiel agar dicek yang sebagai petugas pengendali," terang Dandim.

Penjelasan yang Detail Oleh Korlap Supaya para  Pelaku  Menembak dibagi menjadi 14 gelombang tambah 2 orang tiap gelombang 10 Personil selanjutnya gelombang pertama  melaksanakan menembak koreksi senapan 3 butir munisi jarak 25 m dan 5 butur munusi perkelompokan perkenaan 100 meter sikap tiarap dan berlanjut hingga gelombang terakhir.

Agar tidak semrawut bagi tim penilai sesuaikan lajur yang telah ditnjuk oleh Kordinator menembak, hal ini disampaikan juga oleh Kasdim.

Sebagai catatan buat kita guna untuk melaporkan ke satuan atas jangan sampai salah supaya kedepan tidak kena teguran, sebagai Kepala Staf Kodim 0718 Pati himbauan dari Komandan diatas agar diagendakan bagi para ketua kordinator.

Jumlah munisi yang digunakan 2.572 butir dan yang ket 16 butir, petembak dengan nilai tertinggi Serda sujadi R.05 nilai 94, Serda kusyanto R.03 nilai 90 dan Pelda Supriyanto R.15 nilai 90.

Termasuk juga laporan jumlah amunisi pun jangan salah karena bertanggung jawab penuh nantinya buat Negara dan bagi petembak yang bagus supaya dipertahankan kalau perlu ditingkatkan.

Walaupun kita sudah tidak dijaman saat Dinas Bataliyon, di Saatkorwil kita lebih ke pendekatan dengan warga dan masyarakat secara persuasif. ($.drmto)