Kodim 0718 Pati Mendukung Swasembada Pangan Dan Sergab Untuk Petani Padi

TH.Indonesia. Pati - Guna mendukung Swasembada Pangan telah dilaksanakan Gerakan Panen Padi Bersama Tahun 2018 bersama kodim Pati dan Kelompok Tani Sumber Rejeki di Desa Tanjung Sekar Kecamatan Puncakwangi, Selasa tgl (16/01/18).

Kodim 0718 Pati panen raya bersama masyarakat desa Tanjungsekar. 

Dalam kegiatan  Panen Bersama tersebut di ikuti oleh Dandim Pati 0718 Pati Letkol Arif Darmawan S.Sos diwakili Kasdim Mayor Inf M. Sholikin Sag, Kadispertan Kab. Pati Ir. Mukhtar Efendi MM, Pasi Ter Dim 0718/Pati Kapt Arh Sumariyono, Muspika kec. Pucakwangi, Ka. PPL Slamet Pamuji Sp, Kades Drs.Irianto dan perangkat desa Tanjungsekar kec. Pucakwangi, Ketua Gapoktan Wasidi dan anggota kelompok tani Sumber Rejeki.

Dalam kegiatan tersebut Komandan Kodim 0718 Pati yang diwakili Kasdim melaksanakan panen padi seluas 0,4 ha dari 116 ha luas panen yang masuk dalam kelompok tani Sumber rejeki dari hasil panen tersebut didapat perkiraan gabah kering panen (Gkp) 7,4 Ton/ha dan gabah kering giling (Gkg) 6,54 Ton/ha.

Kita harus bersyukur bahwa saat ini, kita bisa berkumpul bersama di balaidesa Desa Tanjungsekar dalam rangka panen padi bersama Kodim dan kelompok tani Sumber Rejeki  desa Tanjungsekar kecamatan Pucakwangi kabupaten Pati.

Hasil panen padi pada MT I tahun ini sangat baik dan harga gabah/beras yang tinggi, Swasembada pangan th 2017 telah berakhir dan sudah dapat kita lihat dan kita rasakan hasilnya sehingga hasil panen padi yang baik.

Dandim dan Kadispertan berangkat ke Jakarta melaporkan hasil pertanian di wilayah Pati sehingga tidak dapat hadir dalam rangka panen padi bersama, Negara kita merupakan negara agraris yang sebagian besar wilayah adalah lahan pertanian, Kadar air dan beras yang pecah (menir) mempengaruhi harga jual beras untuk itu dalam pengolahan dan penjemuran harus maksimal," ujar Kasdim.

Camat bapak Budi Prasetyo S.Sos menyampaikan bahwa pada bulan ini merupakan bulan panen sehingga petani membutuhkan lumbung padi dan lantai jemur, untuk membuat lumbung padi dan lahan untuk penjemuran, dapat dengan memanfaatkan anggaran dana desa sehingga tempat tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan bagi para petani sehingga gabah hasil panen dapat langsung dijemur atau dikeringkan.

Kades Tanjungsekar Ir. Irianto mengucapan " terima kasih atas kehadiran dari Kodim Pati yang diwakili oleh Kasdim dalam rangka panen padi bersama di Desa Tanjungsekar ini, alhamdulillah saat ini sudah mulai panen dan harga gabah atau beras saat ini baik, sehingga dapat dinikmati oleh para petani.

Saya berharap harga gabah dan beras dapat stabil dan pemerintah jangan mengimpor beras sehinggga para petani dapat meningkat kesejahteraannya. ($.tugi)