Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Dan Kirab Budaya Haul Leluhur Desa Sinomwidodo

TH.Indonesia. Pati - Rabu tanggal 06 Desember 2017 pukul 09.30 Wib bertempat di desa Sinomwidodo Kecamatan Tambakromo Danramil-20 Tambakromo menghadiri acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Kirab Budaya dan Haul Leluhur Desa Sinomwidodo Doro Sinder atau Kyai Wotsinom, berbarengan bekti amrih makmur.

Dok. Kirab Budaya Haul Leluhur Desa Sinomwidodo 

Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap tahunnya, tepatnya pada bulan Maulid. 

Acara kirab budaya dan haul leluhur desa Sinomwidodo diselenggarakan dengan tujuan nguri uri budaya serta menghormati jasa dan pengorbanan leluhur desa Sinomwidodo yaitu Kyai Wotsinom atau lebih dikenal dengan nama Doro Sinder, beliau merupakan sesepuh dan pendiri desa Sinomwidodo.

Acara Kirab didahului dengan penyambutan kedatangan K.P.H Sungkoyo Mangunkusumo dan rombongan dari Kraton Surakarta di Balai Desa Sinomwidodo. 

Beliau disambut oleh Muspika Tambakromo, Kades Sinomwidodo dan perangkatnya serta masyarakat desa Sinomwidodo.

Kirab gunungan hasil bumi dimulai dari balai desa Sinomwidodo serta finish di halaman balai desa Sinomwidodo. 

Acara kirap juga dimeriahkan oleh Marcing Band dari SMK AN NAJAH dari Kayen dan  Marcing Band dari MA ABADIYAH dari Kuryokalangan Gabus.

Untuk kelancaran dan keamanan dalam pelaksanaan kirab tersebut didukung personil dari anggota Koramil Tambakromo 10 orang, anggota Polsek Tambakromo 10 orang serta anggota Banser dari wilayah Tambakromo 10 orang.

Acara diakhiri dengan sarasehan di balai desa Sinomwidodo utusan dari keraton Surakarta, muspika tambakromo, kades serta warga desa Sinomwidodo dan selesai pukul 12.30 Wib dalam keadaan tertib dan aman. ($.David)