Paguyuban Nelayan Juwana Mengguggat, Geram Dengan Kapal Nelayan Yang Dibakar di Pontianak

THI. Pati - Melalui jumpa PERS yang digelar di resto air kampung terkait kapal nelayan juwana yang dibakar di Pontianak. Diperairan pulau datu mentawah kalimantan barat bukan jenis cantrang melainkan kapal jenis tersebut (JTB) jenis tarik berkantong sesuai standart dokumen resmi. Paguyuban nelayan juwana dan rembang menyampaikan hal ini jangan terulang kembali, karena negara ini adalah hukum sudah ke enam kalinya kapal nelayan juwana dibakar. Semuanya ini ada proses hukumnya dan ini adalah tindakan kriminal murni, sabtu tgl (24/06/23).

Paguyuban nelayan Juwana - Rembang bersatu tuntut keadilan.

Tindakan bar bar yang dilakukan sekelompok nelayan Pontianak sangat membuat geram para nelayan juwana. Jangan sampai ini menimbulkan konflik horisontal yang berkepanjangan yang akhirnya dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional," sambung mukid salah satu ketua paguyuban kapal nelayan juwana.

"Dan kami minta kepada bapak Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, untuk membuat satgas khusus untuk menangani polemik permasalahan ini. Pemerintah ada dimana seolah olah ada pembiaran selama ini dimana rasa keadilan sudah kesekian kalinya kejadian seperti ini.

Siapa otak atau dalang pembakaran kapal kapal nelayan juwana yang melaut di wilayah NKRI. Ada apa dengan budaya Indonesia yang punya keluhuran adab dan budaya sopan santun harus tercoreng dengan terjadinya kriminal (kapal yang dibakar) seperti ini," tutur Romi ketua asosiasi paguyuban nelayan Rembang.

Ini yang harus terus dikawal dan di investigasi dari jajaran Aparat Penegak Hukum (APH) khususnya dari kesatuan Kepolisian Republik Indonesia. Siapakah dalang semua ini kejar dan tangkap para pelakunya," tutup Mukid ketua paguyuban kapal nelayan. 

Harapannya pemerintah melalui instansi terkait dapat lebih meningkatkan sistem keamanan dan pantauan secara khusus masalah ini. Dengan ada beberapa insiden kapal dibakar secara sepihak tanpa mengedepankan tata dan aturan negara. ($.cipto)