Hari Bhayangkara ke 77, Polresta Pati Revitalisasi Budaya Klenteng Hok Tio Bio

THI. Pati - Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pati melakukan revitalisasi Klenteng Hom Tio Bio, yang menjadi salah satu simbol prulalisme di Kota Pati, Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2023 mendatang.

Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama melalui Kabag SDM Polresta Pati, Kompol R. Sulistyaningrum mengatakan, revitalisasi juga dilakukan terhadap Klenteng Hok Tio Bio sebagai salah satu simbol pluralisme dan kerukunan antar umat beragama yang ada di kabupaten Pati.

“Terlebih Klenteng itu, juga aktif bekerjasama dengan TNI - Polri dalam menangani musibah banjir,” kata Kompol R. Sulistyaningrum, Selasa tgl (20/06/23).

Revitalisasi situs agama dan budaya ini merupakan harapan Polri, bahwa moderasi beragama diperlukan sebagai solusi. Ini menjadi kunci penting untuk menciptakan kehidupan yang rukun, harmoni, damai, serta keseimbangan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, bernegara maupun dalam beragama.

"Revitalisasi situs budaya dan agama agar tidak mengalami degradasi atau penurunan kualitas, potensi, fisik, maupun nilai keindahan, yang disebabkan oleh berbagai penyebab kerusakan," ujarnya.

Selain itu, Klenteng Hok Tio Bio juga merupakan pusat kegiatan sosial, diantaranya dapur umum untuk korban banjir bandang, donor darah tahun baru Imlek, berbagi seribu nasi dalam seminggu, warung gratis saat bulan ramadhan, dan pasar rakyat Cap Gomeh.

"Kehadiran dan peran Klenteng ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Pati, semoga ke depan dengan kegiatan revitalisasi ini mampu terjalin hubungan harmonis antar pemeluk agama, membangun ekosistem wisata, membantu serta mendukung kegiatan sosial dalam membantu masyarakat yang kurang mampu serta menghidupkan kembali UMKM di Pati,” pungkasnya. ($.cipto)