Koramil 09/Sukolilo Gelar Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Wegil Kab. Pati

THI. Pati - Jajaran Koramil 09/Sukolilo melaksanakan kegiatan sosialisasi pembentukan kampung Pancasila di desa Wegil kec. Sukolilo Pati, jumat tgl (27/05/22).

Kampung Pancasila di desa Wegil resmi dibuka oleh Camat Supeno, S.H


Koramil 09/Sukolilo gelar Pencanangan Kampung Pancasila di gedung pertemuan desa Wegil Pati. Diiringi dengan kesenian lokal yaitu barongan dari kearifan lokal desa Wegil, juga Sendra Tari sebagai keluhuran dan kearifan seni dan budaya yang ada.


Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Danramil Kapten Inf Bambang Sutejo, Camat Supeno, S.H, kapolsek AKP Sahlan, S.H, M.M kepala desa Wegil Heri Priyanto, beserta jajaran perangkat, Toda, Toga dan Tomas dan Babinsa, adik adik SD N Wegil, TK Kartika, TK Paud Aisyah, SMP N 02 Sukolilo, MA Sultan Agung Sukolilo, karang taruna kec. Sukolilo dan juga para tamu undangan.



Dalam sambutannya kades Wegil Heri Priyanto mengatakan bahwa pencanangan kampung Pancasila merupakan berkah warga wegil dan pemdes Wegil sangat mendukung adanya kampung Pancasila agar warga desa dapat melaksanakan nilai nilai luhur dari pada secara utuh yang tercantum dalam falsafah Pancasila itu sendiri, dengan bacaan alhamdulillah dan syukurillah kepada Allah SWT atas peresmian kampung Pancasila di desa Wegil," tandasnya.



Juga apa yang disampaikan oleh Camat Supeno, S.H menyapaikan bahwa dalam kegiatan tersebut, bahwa kegiatan pencanangan kampung pancasila merupakan upaya instansi kewilayahan stakeholder sebagai penggerak dan pemotor warga masyarakat dan pemuda supaya lebih mengenal dan melaksanakan sila sila pancasila, selain itu juga dapat mempererat keutuhan Bangsa. Bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang sejak lahir sudah tertanam di hati sanubari seluruh rakyat Bangsa Indonesia, dan insyaalah puncak acara tepat pada tgl 1 Juni yang diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasil, sebagaimana kita jalankan sebagai pedoman hidup sehari hari," terangnya.


Kegiatan pencanangan kampung Pancasila diawali dengan pengenalan salam dan pembacaan Pancasila oleh Danrami 09/Sukolilo. Pancasila sebagai monumen dan tonggak sejarah yang akan bergema dihati seluruh warga dan masyarakat wegil Sukolilo.


Dan spirit (salam) Pancasila juga dikumandangkan bersama seluruh hadirin yang hadir yang dipimpin oleh Danramil 19 Sukolilo Kapten Inf Bambang Sutejo. Beliau menyatakan bahwa acara ini terselenggara berkat dukungan seluruh muspika, warga dan masyarakat wegil. "Semangat nilai-nilai luhur dalam Pancasila harus dijalankan dalam kehidupan sehari hari sebagai pedoman luhur, mulai dari lingkup terkecil yaitu musyawarah dilanjutkan kelingkungan masyarakat sehingga tercipta kehidupan bermasyarkat, berbangsa dan bernegara yang harmonis," sambungnya.



Dan terakhir dibacakan amanat dari Dandim Pati oleh Danramil 09/Sukolilo bahwa Kodim 0718 Pati mengucapkan banyak terimakasih kepada stakeholder atas pencanangan kampung Pancasila di kec. Sukolilo. Dan menjalankan nilai nilai luhur yang terkandung dalam falsafah Pancasila, dan yang terpenting mengimplementasikan dari pada wujud keluhuran dari pada Pancasila itu sendiri," tutupnya. (Agung)