Soliditas TNI, Kodim Pati Laksanakan Minggu Militer Basic Dikperor

TH.Indonesia. Pati - Apel Minggu Militer Prajurit Kodim 0718 Pati pada minggu ke-4 bulan Januari dilaksanakan pagi tadi pukul 07.00 WIB di halaman Makodim 0718 Pati, Senin tgl (27/01/20).


Kepala Staf Kodim 0718 Pati Mayor Inf Much Sholihin, S.Ag, M.Si memimpin kegiatan Minggu Militer dengan mengenakan pakaian dinas Lapangan (PDL NKRI).

Kegiatan Minggu Militer yang dilaksanakan selama satu minggu pada minggu ke-4 setiap bulan ini bertujuan untuk mengingat kembali pelajaran dasar keprajuritan yang pernah didapat oleh para prajurit di pendidikan maupun di kesatuan lama sebelum masuk menjadi anggota Kodim 0718 Pati.

"Ini merupakan kegiatan rutin yang kita laksanakan, supaya para prajurit teringat kembali pelajaran pokok atau dasar militer," imbuhnya.

"Back to Basic memang sangatlah dibutuhkan untuk penyegaran, hal ini sangat penting karena di tengah - tengah tugas kita sebagai aparat teritorial yang sudah membaur dengan Instansi serta masyarakat tentunya sedikit banyaknya akan berpengaruh kepada sikap serta perilaku kita secara tidak langsung, " ucap Mayor Sholihin.

Kasdim juga mengingatkan bahwa kegiatan seperti ini sebagai pemanasan untuk prajurit semua agar tidak lupa jati diri sebagai prajurit TNI walaupun lingkungan dalam bekerja adalah berbaur dengan masyarakat.

Sedangkan materi dasar militer yang selalu diberikan kepada Prajurit TNI Kodim 0718 Pati yang disuguhkan secara bervariasi agar tidak membosankan, selain pelajaran yang bersifat teori ada juga langsung diaplikasikan dilapangan, seperti pelajaran IMPK (Ilmu Medan Peta dan Kompas), pelajaran PBB (Peraturan Baris Berbaris), pengetahuan senjata ringan dilanjutkan bongkar pasang senjata dan tehnik tempur dasar.

Selain materi tersebut, tak ketinggalan juga didalam kegiatan Back to Basic ini juga diselingi dengan kegiatan bersifat pembinaan fisik atau jasmani militer yang selalu dilaksanakan setiap hari selasa berupa kegiatan lari jalanan, atau ketahanan mars yang dilaksanakan secara bergilir diwilayah kecamatan atau Koramil.

Ada pula materi yang tak kalah seru dan menguras fisik, yakni Yong Moodo salah satu bela diri asli dari Korea Selatan ini juga masih aktif digunakan dilingkungan TNI AD yang dilaksanakan setiap hari rabu dalam kegiatan minggu Militer.

Untuk materi hari ini setelah kegiatan Apel pagi, para prajurit Kodim Pati melaksanakan latihan baris - berbaris yang dipimpin oleh Pelda Totok dan Sertu Handik dari Staf Operasi Kodim 0718 Pati yang diawali teori praktis kemudian langsung dipraktekkan secara bergantian. (Amin)