Gebyar Kontes Jeruk Pamelo Desa Bageng Menuju Kontes Wisata Nasional

TH.Indonesia. Pati - Petani Pamelo Madu Desa Bageng Gembong yang terhimpun dalam kelompok tani menyelenggarakan kontes Pamelo Madu di lapangan desa Bageng Gembong pada hari Sabtu 27 April 2019.

Mr. Nurul Huda pemuda cakap & energik ini, pelopor sentra of java wisata edukasi (agro) menuju pentas wisata dunia.

Desa bageng merupakan sentra produksi jeruk pamelo yang ada di kabupaten Pati. Rasa buah yang manis dan segar serta ukuran yang super jumbo menjadikan komuditas ini sebagai buah andalan di Pati.

Sekian puluh tahun berjalan sebagai pusat produksi jeruk pamelo madu, terlaksanalah kontes pamelo madu tahun 2019 yang diikuti sekitar 200 peserta dari desa Bageng dan sekitarnya.

Menurut salah satu peserta sekaligus panitia penyelenggara Nurul Huda, SP yang merupakan produsen bibit dan buah Pamelu madu dalam kontes ini akan diambil juara dengan katagori buah terbesar dan termanis serta buah terkecil dan termanis.

Masih menurut Nurul Huda adapun penghargaan yang dapat diberikan kepada pemenang adalah berupa uang pembinaan, piagam dan tropi. 

Sedangkan tujuan diadakanya acara tersebut adalah dalam rangka penutupan musim panen dan untuk memberikan semangat pada petani agar lebih giat dalam proses produksi pamelo madu.

Untuk kedepannya kegiatan seperti ini akan dilaksanakan setiap tahun dengan konsep dan kegiatan yang leboh dan menarik," ujar Nurul Huda.

Desa Bageng merupakan sentra of java jeruk pamelo selain itu dengan rangkaian berbagai kegiatan setiap tahunnya Desa Bageng bisa menjadi desa wisata khusus untuk produk hayati dan agribisinis dengan letak geografis yang ada dilereng gunung muria sangat menguntung disela sela wisata rohani di sunan Muria dapat juga menjadi bingkisan oleh oleh khas Pati yang cukup populer sekarang ini karena rasa jeruk pamelo yang khas," terang mas huda pelopor wisata agro dan bisnis marketplace online ini. (Andik)