Netralitas TNI Jangan Buat Main Main Khusus Personel Kodim 0718 Pati

TH.Indonesia. Pati - Bertempat di halaman Makodim 0718 Pati Jln. Panglima Sudirman no. 79 Pati telah di laksanakan Upacara bendera dengan Inspektur  upacara (Irup) Kasdim 0718 Pati Mayor Inf Much Sholihin, S.Ag. MSi Komandan Upacara Danramil 21 Trangkil Kapten Inf. Setiyo Utomo Senin tgl (19/03/18).

Pelepasan anggota menjelang masa pensiun oleh Kasdim 0718 Pati, terima kasih atas pengabdianmu. 

Amanat Panglima Kodam IV Diponegoro  Mayor Jenderal TNI Wuryanto, S.Sos, MSi. yang di bacakan Oleh Inspektur Upacara (Irup) mengawali amanat ini, saya selaku Panglima Kodam IV Diponegoro dan atas nama pribadi  mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940/2018 M. 

Kepada umat Hindu yang melaksanakannya, semoga Tuhan Yang Kuasa selalu melindungi kita semua. Pada tahun 2018 ini akan diselenggarakan Pilkada Serentak di seluruh wilayah Indonesia. 

Di wilayah Kodam IV Diponegoro akan dilaksanakan delapan Pilkada yang meliputi satu Pilkada Gubernur, enam Pilkada Bupati, dan satu Pilkada Walikota.

Saya perintahkan kepada seluruh prajurit untuk tetap berada pada koridor netralitas, netralitas TNI bukan saja harga diri, tetapi juga harga mati.

Para Komandan dan Perwira, tidak boleh ada yang mentolerir setiap pelanggaran prajuritnya terkait netralitas TNI dalam Pilkada serentak.

Sebagai alat negara, para prajurit Kodam IV Diponegoro wajib menjaga netralitas, mengayomi dan menempatkan diri dengan baik diantara semua pihak yang sedang berkompetisi.

Kita perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menghormati proses demokrasi yang telah berlangsung, serta mengedepankan cara-cara yang beradab dan beretika dalam menyelesaikan berbagai persoalan. 

Kita tetap harus menjaga kewaspadaan dan siap membantu pemerintah untuk mengawal jalannya demokrasi sampai dengan seluruh proses Pilkada ini selesai, yaitu pelantikan para Kepala Daerah baru yang terpilih.

Upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan memetakan potensi kerawanan serta membangun komunikasi dengan para tokoh agama, adat, dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan sepanjang pelaksanaan Pilkada serentak ini.

Setelah upacara bendera dilaksanakan acara pelepasan anggota, Danramil 04 Kayen Kapten Kav Koko Sarjono, menjelang masa pensiun Letda Inf Nur Rosidi dan Letda Czi Sholikin, pindah satuan serta di lanjutkan pemeriksaan kendaraan oleh anggota Provost dan anggota Intel Kodim 0718 Pati. ($.tugi)