Kasdim 0718 Pati Menghadiri Hari Kesehatan Nasional Ke 53

TH.Indonesia. Pati - Di halaman Setda Kab. Pati telah berlangsung kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 53 Kabupaten Pati Th 2017 dengan tema "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku, senin tgl (13/11/17).

Upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional di Kab. Pati 

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut antara lain Bupati Pati H Haryanto SH MM M.Si, Kepala DKK Kab. Pati Dr Edy Sulistiyono MM, Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan SIK, Dandim 0718 Pati diwakili Kasdim Mayor Inf.Much Sholihin, S.ag, Msi, Kajari Pati Kusnin, SH, MH, Kepala Dishub Kab.Pati yang mewakili, Paur Kes Polres Pati AKP Asmian, Amk beserta anggota DPRD Kab.Pati  yang mewakili, OPD Kab. Pati  yang mewakili, Organisasi Wanita (PKK, dharma wanita dll), Direktur Rumah Sakit se- Kab. Pati yang mewakili beserta jajarannya.

Pengusaha Apotik se Kab. Pati yang mewakili, pasukan upacara terdiri dari peleton PNS dan Karyawan di lingkungan DKK kab. Pati, perwakilan rumah sakit umum dan swasta, Perwakilan UPT Puskesmas se-kab. Pati dan Universitas Akper Akbid Kab. Pati, RS. Marga Husada (DKT) Kodim 0718 Pati beserta anggota.

Adapun amanat Inspektur Upacara (Pembacaan sambutan Menteri Kesehatan RI dalam peringatan HKN ke-53 dari Ibu Nila Farid moeloek). 

Pada tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 12 November, kita memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 53. Tema HKN kali ini adalah "Sehat Keluargaku Sehat Indonesia".

Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah Perilaku Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu.

Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya dilingkungan keluarga.

Peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia.

Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan. Tentunya buku Panduan HKN ke-53 ini dijadikan panduan dalam menyelenggarakan peringatan HKN tersebut". 

Dengan peringatan HKN semoga dapat mewujudkan semua program Indonesia dengan melalui pendekatan keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Agenda kegiatan Pemkab. Pati dalam peringatan HKN telah melaksanakan kegiatan Pertandingan Olah Raga, Perlombaan, Bhakti Sosial, Donor Darah dan Pemeriksaan IVA Peringatan HKN tersebut juga menjadi momentum untuk menyemarakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang bertujuan untuk kampanye hidup sehat guna mencegah berbagai ancaman penyakit
Inpres Nomor 1 tahun 2017 tentang GERMAS pada 27 Februari 2017. 

Selain untuk menurunkan penyakit, Germas yang diprakarsai oleh Presiden RI ini bertujuan pula untuk menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk sekaligus menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Melalui Germas, diharapkan agar kerjasama antar sektor dan lintas program menjadi katalisator bagi masyarakat untuk mampu berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk sumber daya manusia Indonesia yang unggul sehingga menjadi pondasi bangsa Indonesia yang kuat.

Giat dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diikuti forkopimda dan tamu undangan. Pemotongan tumpeng oleh Bupati Pati diserahkan kepada Kepala DKK Kab. Pati dan diteruskan kepada Perwakilan Dokter termuda Kab. Pati Dr. Arya dari (Rumah Sakit Dr. Asuyutiah Guyangan Trangkil Pati). ($.kahar)