Pupuk Cinta NKRI Lewat Upacara Bendera

TH.Indonesia. Langsa - Upacara Bendera Senin hari ini yang diikuti oleh segenap Personel Kodim 0104 Aceh Timur merupakan aplikasi wujud cinta tanah air, yang di gelar di Lapangan Makodim 0104 Atim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.


Pelaksanaan Upacara tersebut secara otomatis akan melahirkan rasa pemupukan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dimana, salah satu rangkaian kegiatan terdapat penghormatan bendera sangsaka merah putih, yang merupakan lambang kesatuan dan persatuan kita yang di ikuti dengan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya, hal inilah yang membedakan penghormatan kepada hal apapun itu.

Mengapa ungkapan tersebut diatas, menurut Dandim 0104/Atim Letkol Inf HasanulArifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) melalui Danramil 02 Langsa Kapten Inf Widarmawan selaku Inspektur Upacara kepada awak media seusai upacara mengatakan bahwa, secara auto-sistematis penghormatan kepada sangkaka merah putih yang disertai dengan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya di tiap minggunya merupakan jalan secara bertahap serta memupuk rasa cinta terhadap NKRI, dimana dari Sekolah Dasar terdahulu kegiatan ini tentunya telah kita jalani.

“Dimana, tidaklah secara serta merta muncul dan tertanamnya kesetiaan hingga cinta tanah air sampai titik darah penghabisan didalam diri bangsa Indonesia jikalau jarang mengikuti dan menjalankan upacara bendera, mirisnya bahkan hitungan di dalam setahun pun tidak dilakukan," imbuhnya lagi.

Maka dari itu, Dandim juga berpesan terhadap seluruh Prajurit ataupun PNS Kodim 0104/Atim, pupuklah rasa cinta tanah air NKRI, dengan mengikuti upacara bendera, sehingga seminimal mungkin secara bertahap akan menghayati dan hapal isi dan makna dari lagu kebangsaan Indonesia Raya, sehingga dapat mengaplikasikan di kehidupan kita sehari - hari.

“Adakalanya saya jadi menduga keraguan cinta kepada NKRI jikalau ada oknum yang tidak/kurang hafal lagu kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tandasnya. (Ah.bub)