Pangdam Kasuari : Realisasikan Penegakan Hukum di Satuan Secara Adil dan Profesional

TH.Indonesia. Manokwari - Dengan berakhirnya Penataran Hukum sebagai Fungsi Komando ini, Pangdam XVIII Kasuari yakin dan percaya bahwa para peserta telah berusaha mengikutinya dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan pemahaman tentang hukum sebagai Fungsi Komando.

Penataran hukum sebagai fungsi Komando.

"Berkaitan hal tersebut di atas, maka kepada Ankum setingkat, pejabat Personel dan lntel/Pam di jajaran Kodam XVIII/Kasuari, harus mampu merealisasikan penegakan hukum di satuan secara adil dan profesional, sehingga dengan momentum ini diharapkan dapat menekan tingkat pelanggaran prajurit di satuan," kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si.

Hal ini dikatakan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kapok Sahli Pangdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H, saat menutup Mobile Training Team (MTT) Penataran Hukum sebagai Fungsi Komando bagi para Dandim/Danyon setingkat, pejabat Personel dan Intel/Pam di jajaran Kodam XVIII/Kasuari, di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Rabu tgl (22/07/20).

Lebih lanjut dikatakan Pangdam, dalam penyelenggaraan kegiatan penataran hukum tersebut, yang paling penting adalah implementasi dan tindak lanjut yang nyata terhadap pelaksanaan tugas dan peran para Ankum setingkat, pejabat Personel dan Intel/Pam dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dari Komando Atas, khususnya dalam proses penyelesaian perkara atau permasalahan hukum yang dihadapi di satuannya masing-masing.

"Selain itu juga saya berharap kepada pejabat personel atau pejabat yang membidangi hukum di satuan agar melaksanakan penegakan hukum sebagai Fungsi Komando di satuan masing-masing dengan memedomani semua aturan yang berlaku, sehingga dapat mempercepat proses penyelesaian perkara di satuan masing-masing secara berkeadilan sesuai tingkat kewenangan di satuan," ujar Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Mengakhiri sambutannya, selaku Pangdam XVIII/Kasuari dan pribadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta penataran atas keseriusan dalam mengikuti kegiatan, mulai awal sampai akhir, dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Saya juga mengucapkan selamat jalan untuk kembali ke satuan masing-masing. Segera sosialisasikan ilmu yang para peserta dapatkan kepada seluruh anggota," ungkapnya.

Kepada tim penatar dan penyelenggara, Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan penataran ini dengan baik.

"Laksanakan evaluasi kegiatan penataran ini, sebagai upaya untuk pembenahan dan peningkatan kegiatan serupa pada masa yang akan datang," tutup Pangdam dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Brigjen Drajad.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari, Ketua Tim penatar Kolonel Chk Zahran S.H,M.H (Ditkumad), dan 50 peserta penataran. (Asmuni)