Pastikan Kesiapan Pemilu, Bupati Pati Semalam Lakukan Ini

Targethukumonline. Pati - Tepat pada pukul 19.00 WIB hingga menjelang tengah malam, Bupati Pati Haryanto beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang tergabung dalam Desk Pemilu Kabupaten Pati melakukan kunjungan ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa tgl (16/04/19).

Bupati Haryanto lakukan beberapa kunjungan ke TPS.

Kunjungan itu juga diikuti oleh Ketua KPU Pati Imbang Setiawan, perwakilan Bawaslu, dan tim pemantau dari Direktorat  Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Jateng.

Dalam kegiatan itu, terdapat empat TPS di empat kecamatan berbeda yang dikunjungi.

Empat TPS tersebut ialah TPS 5 Desa Gabus Kecamatan Gabus, TPS 4 Desa Karangmulyo Kecamatan Tambakromo, TPS 15 Desa Jatiroto Kecamatan Kayen, dan TPS 6 Desa Cengkalsewu Kecamatan Sukolilo.

"Tujuan kunjungan ini ialah memantau kesiapan pelaksanaan Pemilu besok pagi," ujar Bupati Haryanto.

Bupati Haryanto juga mengatakan, dari empat TPS yang dikunjungi, secara umum TPS-TPS ini tergolong siap untuk menyelenggarakan pemungutan suara secara lancar.

Namun, lanjutnya, ada beberapa masukan perbaikan yang pihaknya berikan pada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Seperti di TPS 15 Desa Jatiroto, misalnya. Ketua KPPS di TPS tersebut, Drahman, mendapat beberapa arahan terkait penataan bilik suara.

"Tadi ada arahan untuk melepas kertas nomor yang tertempel di bilik suara. Karena biliknya sebetulnya tidak perlu diberi penanda nomor. 

Kertas nomor itu sebetulnya bekas Pemilu yang lalu," ungkap Drahman.

Selain itu, lanjut Drahman, ia juga mendapat arahan dari Bupati Haryanto beserta Desk Pemilu Kabupaten Pati untuk memasang tirai di belakang bilik suara.

"Sesuai arahan, jarak antarbilik juga diperlebar. Sebab sebelumnya terlalu dekat," ujarnya.

Sebagaimana di TPS 15 Jatiroto, TPS 6 Cengkalsewu juga mendapat arahan terkait penataan tempat.

"Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di setiap Kecamatan sebaiknya memastikan penataan tempat di masing-masing TPS. 

Ditata lebih baik agar masyarakat yang menggunakan hak pilih merasa nyaman," imbau Bupati Haryanto.

Meski ada sedikit usulan yang ia berikan di TPS yang ia kunjungi, Haryanto menilai, secara umum seluruh KPPS yang ada di Pati telah siap menyelenggarakan Pemilu.

"Sudah dipastikan, seluruh logistik Pemilu telah sampai ke masing-masing TPS. Yang terpenting, kita imbau masyarakat agar menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing," tandasnya. ($.zaenuri)