Rabu, 09 Januari 2019

Kemitraan Broiler Sinergi Siap Dukung Pengembangan Ternak Desa Damarwulan Jepara

TH.Indonesia. Jepara - Damarwulan merupakan salah satu desa terpencil di kecamatan Keling Jepara. Dengan mayoritas penduduknya yang berprofesi sebagai petani menjadikan warga desa ini hidup makmur dan dapat bersaing dengan penduduk yang berada di perkotaan. 

Pembangunan kandang broiler di salah satu mitra yang di awasi langsung oleh  PPL Edi.

Pasalnya sebagian warganya mengusahakan tanaman kopi dan cengkeh yang meripakan komuditas unggulan desa tersebut, Rabu tgl (09/01/19).

Seiring berjalanya waktu sebagian warga mulai tertarik untuk mengembangkan usaha di sektor peternakan, khususnya ayam broiler. 

Dengan menggadeng salah satu kemitraan broiler ternama yaitu Sinergi yang merupakan anak perusahaan Samsung, warga desa Damarwulan berharap dapat menambah penghasilan dari usahanya tersebut. Selain itu dengan pengembangan usaha ternak broiler, diharapkan dapat memproduksi pupuk organik dari limbah ternaknya untuk dimanfaatkan sebagai pupuk kandang.

Menurut Hartono salah satu warga Damarwulan sekaligus peternak binaan Sinergi, mengungkapkan bahwa semakin sempitnya lahan pertanian, petani harus menciptakan peluang agar hasil lahan garapanya tidak berkurang namun bertambah hasilnya. 

Dengan memelihara ayam broiler melalui kemitraan disampaikanya merupakan trobosan yang paling efektif karena dalam waktu yang relatif singkat peternak dapat memperoleh hasil dengan modal awal berupa kandang dan peralatan, sedangkan sapronak (sarana produksi ternak) sudah disediakan oleh mitra inti.

Masih sambung Hartono dengan menggandeng Sinergi diharapkan peternak memperoleh hasil yang optimal dikarenakan Sinergi merupakan kemitraan besar yang mempunyai sapronak sendiri sehingga peternak tidak usah khawatir dalam hal pakan telat atau waktu chick in yang terlalu lama.

Sedangkan menurut Edi selaku petugas penyuluh lapangan (ppl) dari Senergi menyampaikan bahwa pihaknya bersama tim siap untuk membimbing para peterbak di desa Damar wulan yang notabenya merupakan peternak pemula agar dapat sukses dan berkembang usahanya. 

Untuk mewujudkan haralanya tersebut masih sambung Edi pihaknya akan berkoordinasi secara penuh dengan pinpinan cabang maupun diatasnya untuk memprioritaskan dalam hal sapronak ataupun pelayanan.

Pada saat sekarang sudah ada satu peterbak yang chick ini bersama Sinergi dua dalam proses pembangunan kandang dan beberapa warga masih dalam perencanaan pembangunan. (andik)
Comments


EmoticonEmoticon

Related Post